Jumat, 08 Januari 2010

Safety First

Wah judulnya agak mbingungi nih... maksudnya apa ya..? ya sebenarnya 2 kata diatas adalah kata yang cukup populer untuk masyarakat barat, tetapi tidak untuk masyarakat kita di Indonesia. dimana arti dari kata2 diatas kalau diIndonesiakan adalah bagaimana kita selalu "mendahuluan keselamatan" kita.
Saat ini disemua lini kehidupan masyarakat kita, masih sedikit yang menyadari betapa mendahulukan keselamatan adalah sebuah investasi yang besar nilainya. contoh sebuah mall yang mewah bila tidak dilengkapi pemadam kebakaran dan alarm asap, bila kemudian terjadi kebakaran yang terjadi gedung tersebut yang mungkin belum break even point, jadi tidak dapat diinvestasikan lagi. Walaupun menyediakan sarana pemadam kebakaran bisa bernilai ratusan juta tetapi masih lebih murah bila dibandingkan untuk keselamatan modal kedepan.
Hal yang sama dalam lingkungan yang lebih kecil adalah dalam lingkungan rumah tangga, masih banyak perilaku kita yang tidak mencerminkan keselamatan kita... sebagai contoh banyak dari kita yang tidak mau membeli jerigen untuk menyimpan minyak tanah, melainkan memakai botol air mineral bekas dengan alasan mungkin memanfaatkan apa yang ada... apa yang terjadi. pada waktu orang tua teledor dalam menyimpan kemudian anak-anak kita melihatnya dan kemudian meminum minyak yang ada dalam botol... wah yang terjadi harus segera kita lakukan pertolongan segera dengan membawa ke UGD, dengan harapan hal ini tidak berbahaya bagi jiwa anak kita.
Tentunya biaya rumah sakit akan menjadi lebih tinggi... lebih tinggi dari sekedar membeli jeringen yang mungkin cuma Rp.20.000,00, syukur-syukur kita hanya harus kehilangan uang bukan kehilangan anak kita. Promosi masalah keselamatan ini bukan hak mudah di negara kita, walaupun pada orang-orang yang memiliki cukup pendidikan dan mampu sekalipun jarang diantara mereka yang memikirkan keselamatan sebagai bagian dari investasi.
Adakah diantara kita yang memiliki alat P3K yang memadai untuk melakukan pertolongan pertama yang sebenarnya, bila kita memilikinya sudahkan kita memiliki kemampuan untuk menggunakan peralatan yang tersedia. Apa yang harus kita lakukan bila kita dapati salah satu anggota leluarga kita keracunan, terkena luka bakar, pertolongan pertama apa yang kita dapat lakukan, dengan menggunakan peralatan apa kita harus melakukan pertolongan...
Disini saya mencoba untuk membagikan pemahaman dan langkah2 yang dapat kita lakukan agar kita dapat mencegah timbulnya bahaya yang tidak perlu, bila kemudian timbul musibah bagaimana langkah2 kita untuk mengelolanya.
Demikin pembuka dari saya semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar