Sabtu, 28 Mei 2011

Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Optimal Anak

Mengelola anak sehat dapat menjadi hal yang lebih sulit dari pada mengelola anak sakit, Mengapa demikian. bila kita mengelola anak sakit seringkali prosedur pengelolaan sudah tertata dengan baik demikian juga dengan indikator perbaikannya. Tetapi pada waktu kita harus mengelola anak sehat, banyak sekali faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang tersebut.

Orang tua memerlukan lebih dari sekedar tahu sebagai upaya untuk melakukan pengelolaan anak sehat. Tumbuh kembang optimal mejadi kata kunci dalam mengelola anak-anak kita. Siapa yang tidak ingin anaknya tumbuh sehat, menjadi juara kelas, membanggakan keluarganya dengan prestasi yang mereka dapatkan. Tentunya hal tersebut tidak demikian saja terjadi. Pemahaman mengenai memenuhi kebutuhan dasar agar anak mejadi tumbuh kembang optimal merupakan kuncinya.

Apa saja sih kebutuhan dasar agar anak kita tumbuh kembang optimal ya. Jargon-jargon tentang hal ini sering sekali kita dengar, tetapi sedikit yang betul-betul memahaminya, yaitu : ASUH ASIH dan ASAH. ya inilah faktor -faktor yang harus kita penuhi bila kita ingin agar anak kita tumbuh dan kembang dengan optimal ( sesuai potensi genetik). Mari kita coba untuk cermati apa-apa saja yang perlu kita penuhi dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar mereka.

ASUH : merupakan upaya kita untuk memenuhi kebutuhan fisik- biologis anak kita, berupa pemenuhan kebutuhan dasar makanan, sandang, dan papan. Secara tehnik kita dituntut untuk dapat memberikan nutrisi yang seimbang dalam mengelola gizi anak kita, 6 hal pokok dalam memenuhi gizi seimbang adalah pemenuhan akan kebutuhan; Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Bahan makanan ini untuk vitamin mineral dan air bukan hal sulit untuk dapat mencukupinya karena suplemen pun sudah banyak yang menyediakannya, tetapi halnya karbohidrat, protein dan lemak tidak tergantikan.Makan merupakan suatu ketrampilan yang harus dilatihkan, 1 tahun pertama kehidupan anak merupakan pondasi bagi kita dalam melatih ketrampilan anak untuk makan. kegagalan melakukan peralihan makan sesuai jadwal usia di satu tahun pertama ini sering kali berakibat dengan anak yang sulit makan.

Jangan lupa pula pemberian imunisasi dasar yang diberikan sesuai jadwal, Kebersihan anak kita, permainan dan pelayanan kesehatan yang baik bagi anak kita.

ASIH : Pemenuhan akan kasih sayang pada anak kita juga merupakan kebutuhan dasar bagi anak kita untuk dapat tumbuh kembang optimal. pemeberian kasih sayang orang tua, pemberian rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat berpengaruh dalam menjaga tumbuh kembang anak kita yang optimal. Hal ini akan tercermin pada pola asuh orang tua terhadap anaknya. banyak orang tua yang menerapkan standart pola asuh yang sama bagi semua anak-anaknya, jangan lupa bahwa setiap anak adalah unik. Tempramen anak satu dengan lainnya berbeda untuk itu akan membutuhkan pola asuh yang berbeda pula, 3 tipe anak adalah Easy(penurut), Difficult(Sulit diatur) dan Slow to warm up (lambat untuk panas) .Pola asuh yang kita terapkan juga harus menyesuaikan dengan tipe anak kita. Kita perlu menciptakan rasa nyaman , aman, dilindungi, diperhatikan (minat, keinginan, pendapatnya), diberi contoh ( bukan dipaksa), dibantu, didorong, dihargai, menciptakan suasana penuh kegembiraan, dan bila anak kita melakukan kesalahan beri dia koreksi (bukan ancaman / hukuman), semua ini merupakan upaya kita mencapai pola asuh demokratik dimana hal ini akan dapat meningkatkan Kecerdasan emosional, Kemandirian, kreativitas , Kerjasama dan kepemimpinan.

macam pola asuh : demokratik, otoriter, permisif, todak diperdulikan ( neglect)

ASAH : Adalah suatu upaya kita untuk membuat stimulasi-stimualsi untuk merangsang perkembangan otak anak kita, apa yang akan kita rangsang, banyak hal. disini dibutuhkan kejelian kita untuk memilih jenis permainan. Prinsip pemilihan permainan adalah yang dapat merangsang perkembangan persona sosial anak, kemampuan motorik halus dan kasar juga kemampuan anak untuk berbahasa. Untuk membuat anak kita lebih cepat bebicara dapat dengan memberikan mereka buku cerita lalu kita membacakan cerita, mangajak berbicara, meminta mereka untuk berbicara. mempbelikan permainan puzzle bagi anak kita, meronce. banyak sekali jenis permainan yang dapat kita berikan pada anak kita untuk mengoptimalkan perkembangan anak kita.

Demikian sekilas informasi mengenai bagaimana memenuhi kebutuhan dasar anak agar mereka dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Pertanyaannya adalah sudahkan kita tahu dan sudahkan kita memenuhinya?...tentunya melakukan evaluasi tumbuh kembang anak kita menjadi hal yang essensial bagi kita untuk dapat menilainya. Jadi manfaatkan sarana kesehatan yang ada disekitar kita dan minta mereka untuk dapat melakukan evaluasi tumbuh kemgan anak kita secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar